Data telah menjadi prioritas bagi bisnis dari semua ukuran. Data sangat menginformasikan bagaimana perusahaan akan berperilaku, terutama ketika menyangkut pemasaran dan periklanan. Data pelanggan seperti lokasi, usia, jenis kelamin, nomor jaminan sosial, dan informasi kartu kredit dikumpulkan oleh perusahaan setiap hari. Sayangnya, tipe data ini dapat merusak jika diperoleh oleh orang yang salah, menjadikannya target utama bagi penjahat jaringan.
Kita semua telah melihat berita utama tentang pencurian data besar di perusahaan besar. Ini mungkin membuat anda berpikir bahwa hanya bisnis besar yang mengalami penyerangan data, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Toko kecil juga sering diserang seperti perusahaan besar. Setiap hari penjahat internet berusaha mencuri informasi dari bisnis di seluruh dunia. Untungnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat anda ambil sekarang untuk membantu melindungi data yang telah dikumpulkan perusahaan anda.
Bagaimana Data Anda Dikumpulkan
Perusahaan mengumpulkan data pelanggan dalam beberapa cara. Beberapanya sangat teknis sementara yang lain lebih deduktif. Ada tiga cara utama pengumpulan data; memintanya (ditawarkan sendiri), pelacakan tidak langsung, dan menambahkan sumber data pelanggan lainnya ke data anda sendiri.
Tempat-tempat yang paling jelas data dikumpulkan dari adalah sumber yang ditawarkan sendiri. Jenis data ini berasal dari pelanggan yang bersedia membagikan data dengan jumlah yang luar biasa. Untungnya, situs media sosial adalah tempat yang mudah untuk berbagi informasi pribadi, karena itulah tujuan utama mereka. Karena ada sangat sedikit hambatan di media sosial, membuat pengumpulan data dari situs ini menjadi mudah. Setiap informasi publik di media sosial bebas untuk dikumpulkan karena pengguna membagikannya kepada dunia. Selain itu, informasi juga dapat dikumpulkan hanya dengan memintanya. Sebagian besar pelanggan akan dengan sukarela menambahkan informasi mereka ke profil di situs web perusahaan ketika diminta. Jangan takut untuk meminta data yang anda inginkan, anda mungkin tidak mendapatkan semuanya, tetapi anda pasti akan mendapatkannya.
Perusahaan juga akan menggali informasi mereka sendiri untuk menemukan data pelanggan. Mereka mencari tahu di mana barang dibeli dan di mana barang itu dikirim. Informasi ini kemudian dapat diserahkan kepada pemasaran sehingga mereka dapat menargetkan iklan kepada pelanggan berdasarkan lokasi.
Terakhir, perusahaan tidak selalu perlu mengumpulkan data sendiri, mereka dapat membelinya dari sumber lain juga. Perusahaan yang telah mengumpulkan data pelanggan akan sering menjualnya ke beberapa perusahaan lain, memungkinkan data untuk berpindah tangan secara teratur.
Perlindungan Data
Sekarang anda tahu bagaimana data dikumpulkan, terus bagaimana anda melindungi data? Berikut adalah 5 langkah mudah yang dapat anda ambil untuk melindungi informasi pribadi pelanggan anda.
Enkripsi
Teknologi enkripsi meningkat dengan cepat. Dengan menggunakan enkripsi terbaru, maka anda mengambil langkah besar untuk melindungi data anda. Namun, hanya mengenkripsi data anda sekali dan melupakannya adalah praktik yang buruk. Anda seharusnya memperbarui enkripsi secara berkala jika anda ingin itu bekerja dengan baik. Semakin tua jenis enkripsi anda, semakin mudah bagi peretas untuk masuk.
Batasi Akses
Batasi siapa saja yang memiliki akses ke data. Semakin sedikit orang yang memiliki akses ke sistem, semakin baik; itu membatasi jumlah orang yang ditargetkan oleh peretas. Temukan orang yang benar-benar membutuhkan akses ke sistem data dan tidak menambahkan orang lain.
Kumpulkan Hanya Yang Anda Butuhkan
Koleksi data memang bagus, tetapi tidak dengan mengumpulkan terlalu banyak informasi. Hanya mengumpulkan data yang anda butuhkan karena mengumpulkan data tambahan memiliki beberapa konsekuensi negatif. Memiliki data dalam jumlah besar membuat anda menjadi target peretas, tetapi juga membuat pelanggan gelisah mengapa anda membutuhkan semua informasi ini. Kumpulkan hanya apa yang anda butuhkan, jangan serakah.
Hapus Apa yang Tidak Anda Butuhkan Lagi
Pertimbangkan menghapus data setelah anda tidak lagi membutuhkannya. Setelah bisnis dengan pelanggan selesai, pikirkan untuk menyingkirkan data ini. Hal ini dapat membantu pelanggan merasa lebih nyaman dengan memberikan data dengan mengetahui bahwa data itu akan dihapus nantinya.
Keamanan fisik
Setelah anda memiliki rencana keamanan, pastikan semua karyawan anda mengetahuinya. Tetapkan aturan di tempat yang dapat diikuti semua orang, seperti tidak mengakses jaringan perusahaan dari komputer luar. Ada juga validitas untuk membuat server fisik anda aman, batasi siapa yang dapat langsung berada di ruangan bersama server anda. Cari tahu aturan apa yang masuk akal untuk perusahaan anda dan patuhi itu.
Perlindungan data sangat penting bagi perusahaan mana pun. Anda tidak ingin dibiarkan rentan terhadap peretas. Ikuti langkah-langkah sederhana di atas dan data anda akan lebih aman dan lebih sulit untuk ditembus.