Tren e-commerce telah membuka jalan yang bahkan tidak bisa diimpikan oleh para boomer selama waktu mereka. Ritel online telah menjadi jalan utama bagi pengusaha untuk menjadi bos yang dibuat sendiri. Setiap orang menginginkan bagian mereka sendiri dari kesuksesan dan menjadi kaya, tetapi tidak semua cerita awal berjalan sejauh yang orang lain lakukan. Bertahan dalam waktu yang kompetitif bagi wirausahawan ini membutuhkan dedikasi, komitmen, dan kemauan untuk memahami seluk-beluk pemasaran digital.
Menyadari Dampak E-commerce
Outlet seperti Walmart telah membuka pintu mereka untuk bermitra dengan pengecer online. Kemitraan Walmart dengan berbagai merek digital telah menunjukkan bahwa penting dalam strateginya untuk menarik pelanggan milenial. Fakta-fakta jelas bahwa pengecer tidak boleh melawan gelombang pengusaha online tetapi mereka harus terbuka untuk kemitraan untuk saling menguntungkan.
Bersaing di pasar yang serba cepat seperti ini dapat membuat pendatang baru merasa tidak nyaman saat berdiri. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) mencapai potensi penuh mereka.
Membuat Visual yang Memikat
Manusia dapat memutuskan apa preferensi mereka dalam rentang waktu hanya 50 milidetik. Dari semua informasi yang dikonsumsi individu di internet, lebih dari 90 persen data yang disimpan adalah visual. Sejalan dengan penelitian ini, situs web e-commerce memiliki konten yang dikurasi khusus untuk lebih berorientasi visual daripada tekstual untuk menjual barang secara online.
Merancang UX Pengguna yang Efektif
Tingkat konversi menunjuk ke berbagai faktor yang berhubungan dengan bagaimana bisnis membuatnya atau menghancurkannya di industri yang mereka pilih. Banyak pemasar digital setuju bahwa membuat pengalaman pengguna yang positif (UX) adalah kunci untuk membuat situs web yang sukses. Karena beranda anda merupakan pengantar untuk merek dan produk anda kepada calon pelanggan, maka harus unggul dalam gambar dan konten.
Tidak ada yang suka tersesat dalam kekacauan situs web yang rumit, apakah itu untuk hiburan atau bisnis. Prinsip yang sama dalam menavigasi melalui halaman web adalah benar ketika berurusan dengan situs web e-commerce. Merancang halaman produk yang mudah dijelajahi dapat secara signifikan meningkatkan cara pelanggan menjadi lebih mungkin untuk kembali ke layanan.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat sangat meningkatkan UX:
- Buat tombol Beli menarik secara visual dan mudah dikenali oleh pelanggan.
- Bolehkan pengguna untuk mengulang apa yang mereka input dalam membeli suatu produk.
- Dapatkan pemberitahuan untuk setiap tindakan, terutama saat memasukkan informasi pribadi.
- Memungkinkan pengguna untuk menavigasi dengan mudah dari satu halaman ke halaman berikutnya.
- Tampilkan produk terkait dan serupa dengan yang sedang mereka lihat.
- Biarkan pelanggan meninggalkan umpan balik sehingga anda dapat meningkatkan UX untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Halaman produk yang dibuat dengan baik sangat membantu untuk menciptakan pelanggan setia di masa depan.
Pengalihdayaan Kemasan, Pengiriman, dan Kebutuhan Lainnya
Keindahan menjadi seorang pengusaha sebagai seorang milenial adalah bahwa lebih mudah untuk melakukan outsourcing. Lewatlah sudah hari-hari ketika memulai sebuah perusahaan terbatas pada garasi atau membutuhkan modal investor dalam jumlah besar. Saat ini, operasi bisnis dapat dipisah dan di-outsource ke staf lepas atau logistik pihak ketiga khusus.
Pelanggan potensial akan pilih-pilih ketika memilih memulai untuk layanan mereka. Meskipun produk mereka mungkin menarik, mereka masih dapat kekurangan aspek-aspek penting, seperti pengemasan dan pengiriman.
Melewati peluang untuk bekerja dengan layanan 3PL seperti penyedia kemasan khusus, layanan pengiriman kurir, dan pergudangan kontrak bisa jadi mahal. Berurusan dengan proses in-house penyimpanan produk dan mengeksekusi tenaga kerja untuk berbagai tugas membatasi pengusaha dalam hal keterbatasan anggaran dan tenaga kerja. Kesempatan untuk bekerja dalam kemitraan dengan layanan logistik pihak ketiga membuka pintu bagi UKM untuk menemukan pijakan mereka di pasar pilihan mereka.
Memajukan Industri
Semakin banyak perusahaan menyadari potensi e-commerce sebagai jalan untuk meningkatkan metode pemasaran konvensional mereka. Hampir setiap merek internasional telah beralih ke memiliki beberapa akun media sosial untuk berbagai keperluan. Pengembangan e-commerce dan ritel online dapat berakar pada pertumbuhan platform media sosial.
Facebook baru-baru ini merilis primer periklanan komprehensif yang merinci bagaimana pengiklan dapat memanfaatkan media sosial untuk belanja liburan. Memahami bagaimana konsep baru tentang pemasaran online ini akan bermanfaat bagi merek lama dan pendatang baru di pasar. Gelombang dampak media sosial pada kehidupan konsumen telah membuktikan dirinya untuk membuka peluang bagi pengusaha dalam demografi yang lebih luas daripada sebelumnya.